Kartu Pencaker

  • Dibaca: 104 Pengunjung

STANDART OPERATIONAL PROCEDURE

BIDANG PENEMPATAN DAN PERLUASAN KESEMPATAN KERJA

 

A.   PELAYANAN KARTU PENCARI KERJA/ AK 1

1.      DASAR

Permenakertras Nomor : PER.7/ MEN/ IV / 2008

 

2.      PERSYARATAN

a.       Fotokopi KTP Asli kabupaten Klungkung

b.      Fotokopi Ijasah terakhir yang telah terlegalisir

c.       Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

d.      Surat Keterangan Pengalaman Kerja bila ada

e.       Sertifikat pelatihan bila ada

3.      BESARNYA TARIF/ BIAYA PELANGGAN

Gratis.

4.      WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN DAN MASA BERLAKU

a.       Lama waktu proses pembuatan kartu pencari kerja adalah selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja

b.      Masa berlaku kartu percari kerja adalah 2 (dua) tahun, dan bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan, wajib melakukan registrasi kembali/ perpanjangan kartu pencari kerja setiap 6 (enam) bulan sekali

c.       Bagi pencari kerja yang telah mendapatkan pekerjaan diharapkan untuk melapor ke Dinas Perindustrian dan TenagaKerja Kabupaten Klungkung sehingga kartu pencari kerja dapat di nonaktifkan

5.      PROSEDUR PENYELESAIAN PEMBUATAN

a.       Pencari kerja mengambil antrian yang telah disediakan

b.      Sesuai dengan no antrian, pencari kerja menyerahkan persyaratan yang telah lengkap kepada pengantar kerja /petugas di meja pendaftaran

c.       Persyaratan yang diserahkan akan diperiksa oleh petugas, jika lengkap petugas akan memberikan formulir Ak2 yang akan diisi oleh pencari kerja, jika persyaratan tidak lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

d.      Pengantar kerja / petugas antar kerja  akan melaksanakan wawancara dengan pencari kerja sambil mengisi formulir AK2

e.       Pengantar kerja / petugas antar kerja memberikan formulir Ak2 yang telah terisi ke Pengantar kerja /Petugas antar kerja berikutnya untuk melakukan entry data secara online, Pencari kerja Menunggu di ruang tunggu

f.       Kartu Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1

g.      data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

6.      KOMPETENSI PETUGAS

a.       Jumlah petugas yang dibutuhkan adalah 2 orang staff

b.      Kompetensi yang harus dikuasai petugas adalah Mengetahui dasar Pengantar kerja dan pengoperasian komputer online sistem

c.       Klasifikasi Pendidikan Formal Petugas Minimal Slta Dan Telah Mengikuti Bintek Pengantar Kerja

7.      SARANA DAN PRASARANA

a.       Blangko AK2

b.      Meja dan Kursi

c.       Satu Set Komputer dan Printer

d.      Internet

e.       Alat Tulis Kantor

f.       Ruang Tunggu

g.      WC Umum

h.      Parkir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


8.      DIAGRAM ALUR KERJA

NO

URAIAN KEGIATAN

PENCARI KERJA

PENGANTAR KERJA /PETUGAS ANTAR KERJA

KASI PENEMPATAN DAN  INFORMASI PASAR KERJA

LAMA PROSES

KET

1

Pencari kerja mengambil antrian yang telah disediakan

 

Rounded Rectangle: MULAI Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1
h.	data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

 

 

2

Sesuai dengan no antrian, pencari kerja menyerahkan persyaratan yang telah lengkap kepada pengantar kerja /petugas di meja pendaftaran

Text Box: DAFTAR

Text Box: PERIKSA KELENGKAPAN

tidak

5 MENIT

 

3

Persyaratan yang diserahkan akan diperiksa oleh petugas, jika lengkap petugas akan memberikan formulir ak2 yang akan diisi oleh pencari kerja, jika persyaratan tidak lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

 

Flowchart: Decision: LENGKAP

 

10 MENIT

 

4

Pengantar kerja / petugas antar kerja  akan melaksanakan wawancara dengan pencari kerja tentang isi dari formulir yang telah diisi

 

Text Box: WAWANCARA DAN PENGISIAN AK2ya

 

5 MENIT

 

5

Pengantar kerja / petugas antar kerja memberikan formulir Ak2 yang telah terisi ke Pengantar kerja / Petugas antar kerja berikutnya untuk melakukan Entry Data secara online, Pencari kerja Menunggu di ruang tunggu

 

Text Box: ENTRY DATA ONLINE

 

30 MENIT

 

6

AK1 disampaikan kepada kepala seksi penempatan dan informasi pasar kerja  untuk di tandatangani

 

 

Text Box: TANDA TANGAN
T

5 MENIT

 

7

Pemohon menerima Kartu Pencari Kerja (AK.1) yang telah ditanda tangani

Flowchart: Alternate Process: SELESAI

Flowchart: Document: CATAT DAN SERAHKAN AK1

 

 

 

 

 

B. REKOMENDASI PASSPOR TKI

1.      DASAR

Permenakertrans Nomor : Per.14 / Men / X / 2010

2.      PERSYARATAN

a.       Surat Permohonan Rekomendasi Pembuatan Passport dari PPTKIS

b.      Fotokopi KTP

c.       Fotokopi Kartu Pencari Kerja / AK1

d.      Fotokopi Perjanjian Kerja

e.       Job order, job letter atau kontrak kerja

f.       fotokopi pembayaran terakhir polis asuransi

3.      BESARNYA TARIF/ BIAYA PELANGGAN

Gratis.

4.      WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN DAN MASA BERLAKU

Jangka wktu proses penyelesaiaan adalah paling lama 2 (dua) hari

 

5.      PROSEDUR PENYELESAIAN PEMBUATAN

a.       Surat Permohonan disampaikan Kepada  Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung

b.      Selanjutnya  Kepala Seksi Penempatan dan Informasi Pasar Kerja memproses ijin tersebut melakukan peninjauan dan pemeriksaan lapangan, untuk mengetahui apakah memenuhi syarat untuk diberikan ijin atau tidak.

c.       Apabila memenuhi syarat untuk diberikan rekomendasi maka dibuatkan konsep mengenai rekomendasi passpor

d.      Konsep ijin disampaikan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung untukdiperiksa dan ditanda tangani.

e.       Setelah disetujui dan ditanda tangani maka Surat rekomendasi passpor disampaikan kepada pemohon.

6.      KOMPETENSI PETUGAS

a.       Petugas yang melayani sebanyak 1 orang staf dan 1 orang Kepala Seksi

b.      Kompetensi yang harus dikuasai petugas adalah Mengetahui ketenagakerjaan

c.       Pendidikan formal minimal S1 dan menguasai tentang UU ketenagakerjaan dan permenakertrans no 39 tahun 2004

7.      SARANA DAN PRASARANA

a.       Meja dan Kursi

b.      Satu Set Komputer dan Printer

c.       Alat Tulis Kantor

d.      Ruang Tunggu

e.       WC Umum

f.       Parkir


8.      DIAGRAM ALUR KEGIATAN

NO

URAIAN KEGIATAN

PEMOHON

STAFF PENEMPATAN DAN INFORMASI PASAR  KERJA

KASI  PENEMPATAN DAN INFORMASI PASAR KERJA

KEPALA BIDANG PENEMPATAN DAN PERLUASAN KESEMPATAN KERJA

KEPALA DINAS

LAMA PROSES

KET

1

Pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala .Dinas Perindustrian dan  Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung

 

Flowchart: Decision: PERIKSA KELENGKAPANText Box: DAFTARRounded Rectangle: MULAI Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1
h.	data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

 

 

 

2

Berkas-Berkas Kelengkapan Akan Diperiksa Oleh staf  Penempatan dan Informasi pasar kerja

Flowchart: Decision: PEMERIKSAAN BERKAS

 

 

1 HARI

 

3

Pemeriksaan berkas dan Wawancara oleh Kepala Seksi Penempatan dan informasi pasar kerja

 

 

 

 

3 HARI

 

4

Berkas yang telah lengkap akan dibuatkan draf rekomendasi penerbitan passport tki yang kemudian diserahkan kepada kepala bidang untuk di cek dan di paraf

 

 

Text Box: PEMERIKSAAN DAN PARAF DRAF REKOMENDASI PASSPOR
TANDA TANGAN
T

 

1 HARI

 

5

Penerbitan passport tki yang telah dibaca dan diparaf oleh kepala bidang akan diserahkan kepada Kepala Dinas untuk di control dan di tanda tangani

 

Flowchart: Document: CATAT DAN SERAHKAN REKOMENDASI PASSPORT TKI

 

Text Box: CONTROL DAN TANDA TANGAN
TANDA TANGAN
T

 

2HARI

 

6

Rekomendasi Pasport TKI yang telah selesai akan diserahkan kepada pemohon

Flowchart: Alternate Process: SELESAI

 

 

 

5 MENIT

 

 

STANDART OPERATIONAL PROCEDURE

BIDANG PENEMPATAN DAN PERLUASAN KESEMPATAN KERJA

 

A.   PELAYANAN KARTU PENCARI KERJA/ AK 1

1.      DASAR

Permenakertras Nomor : PER.7/ MEN/ IV / 2008

 

2.      PERSYARATAN

a.       Fotokopi KTP Asli kabupaten Klungkung

b.      Fotokopi Ijasah terakhir yang telah terlegalisir

c.       Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

d.      Surat Keterangan Pengalaman Kerja bila ada

e.       Sertifikat pelatihan bila ada

3.      BESARNYA TARIF/ BIAYA PELANGGAN

Gratis.

4.      WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN DAN MASA BERLAKU

a.       Lama waktu proses pembuatan kartu pencari kerja adalah selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja

b.      Masa berlaku kartu percari kerja adalah 2 (dua) tahun, dan bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan, wajib melakukan registrasi kembali/ perpanjangan kartu pencari kerja setiap 6 (enam) bulan sekali

c.       Bagi pencari kerja yang telah mendapatkan pekerjaan diharapkan untuk melapor ke Dinas Perindustrian dan TenagaKerja Kabupaten Klungkung sehingga kartu pencari kerja dapat di nonaktifkan

5.      PROSEDUR PENYELESAIAN PEMBUATAN

a.       Pencari kerja mengambil antrian yang telah disediakan

b.      Sesuai dengan no antrian, pencari kerja menyerahkan persyaratan yang telah lengkap kepada pengantar kerja /petugas di meja pendaftaran

c.       Persyaratan yang diserahkan akan diperiksa oleh petugas, jika lengkap petugas akan memberikan formulir Ak2 yang akan diisi oleh pencari kerja, jika persyaratan tidak lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

d.      Pengantar kerja / petugas antar kerja  akan melaksanakan wawancara dengan pencari kerja sambil mengisi formulir AK2

e.       Pengantar kerja / petugas antar kerja memberikan formulir Ak2 yang telah terisi ke Pengantar kerja /Petugas antar kerja berikutnya untuk melakukan entry data secara online, Pencari kerja Menunggu di ruang tunggu

f.       Kartu Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1

g.      data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

6.      KOMPETENSI PETUGAS

a.       Jumlah petugas yang dibutuhkan adalah 2 orang staff

b.      Kompetensi yang harus dikuasai petugas adalah Mengetahui dasar Pengantar kerja dan pengoperasian komputer online sistem

c.       Klasifikasi Pendidikan Formal Petugas Minimal Slta Dan Telah Mengikuti Bintek Pengantar Kerja

7.      SARANA DAN PRASARANA

a.       Blangko AK2

b.      Meja dan Kursi

c.       Satu Set Komputer dan Printer

d.      Internet

e.       Alat Tulis Kantor

f.       Ruang Tunggu

g.      WC Umum

h.      Parkir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


8.      DIAGRAM ALUR KERJA

NO

URAIAN KEGIATAN

PENCARI KERJA

PENGANTAR KERJA /PETUGAS ANTAR KERJA

KASI PENEMPATAN DAN  INFORMASI PASAR KERJA

LAMA PROSES

KET

1

Pencari kerja mengambil antrian yang telah disediakan

 

Rounded Rectangle: MULAI Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1
h.	data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

 

 

2

Sesuai dengan no antrian, pencari kerja menyerahkan persyaratan yang telah lengkap kepada pengantar kerja /petugas di meja pendaftaran

Text Box: DAFTAR

Text Box: PERIKSA KELENGKAPAN

tidak

5 MENIT

 

3

Persyaratan yang diserahkan akan diperiksa oleh petugas, jika lengkap petugas akan memberikan formulir ak2 yang akan diisi oleh pencari kerja, jika persyaratan tidak lengkap maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

 

Flowchart: Decision: LENGKAP

 

10 MENIT

 

4

Pengantar kerja / petugas antar kerja  akan melaksanakan wawancara dengan pencari kerja tentang isi dari formulir yang telah diisi

 

Text Box: WAWANCARA DAN PENGISIAN AK2ya

 

5 MENIT

 

5

Pengantar kerja / petugas antar kerja memberikan formulir Ak2 yang telah terisi ke Pengantar kerja / Petugas antar kerja berikutnya untuk melakukan Entry Data secara online, Pencari kerja Menunggu di ruang tunggu

 

Text Box: ENTRY DATA ONLINE

 

30 MENIT

 

6

AK1 disampaikan kepada kepala seksi penempatan dan informasi pasar kerja  untuk di tandatangani

 

 

Text Box: TANDA TANGAN
T

5 MENIT

 

7

Pemohon menerima Kartu Pencari Kerja (AK.1) yang telah ditanda tangani

Flowchart: Alternate Process: SELESAI

Flowchart: Document: CATAT DAN SERAHKAN AK1

 

 

 

 

 

B. REKOMENDASI PASSPOR TKI

1.      DASAR

Permenakertrans Nomor : Per.14 / Men / X / 2010

2.      PERSYARATAN

a.       Surat Permohonan Rekomendasi Pembuatan Passport dari PPTKIS

b.      Fotokopi KTP

c.       Fotokopi Kartu Pencari Kerja / AK1

d.      Fotokopi Perjanjian Kerja

e.       Job order, job letter atau kontrak kerja

f.       fotokopi pembayaran terakhir polis asuransi

3.      BESARNYA TARIF/ BIAYA PELANGGAN

Gratis.

4.      WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN DAN MASA BERLAKU

Jangka wktu proses penyelesaiaan adalah paling lama 2 (dua) hari

 

5.      PROSEDUR PENYELESAIAN PEMBUATAN

a.       Surat Permohonan disampaikan Kepada  Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung

b.      Selanjutnya  Kepala Seksi Penempatan dan Informasi Pasar Kerja memproses ijin tersebut melakukan peninjauan dan pemeriksaan lapangan, untuk mengetahui apakah memenuhi syarat untuk diberikan ijin atau tidak.

c.       Apabila memenuhi syarat untuk diberikan rekomendasi maka dibuatkan konsep mengenai rekomendasi passpor

d.      Konsep ijin disampaikan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung untukdiperiksa dan ditanda tangani.

e.       Setelah disetujui dan ditanda tangani maka Surat rekomendasi passpor disampaikan kepada pemohon.

6.      KOMPETENSI PETUGAS

a.       Petugas yang melayani sebanyak 1 orang staf dan 1 orang Kepala Seksi

b.      Kompetensi yang harus dikuasai petugas adalah Mengetahui ketenagakerjaan

c.       Pendidikan formal minimal S1 dan menguasai tentang UU ketenagakerjaan dan permenakertrans no 39 tahun 2004

7.      SARANA DAN PRASARANA

a.       Meja dan Kursi

b.      Satu Set Komputer dan Printer

c.       Alat Tulis Kantor

d.      Ruang Tunggu

e.       WC Umum

f.       Parkir


8.      DIAGRAM ALUR KEGIATAN

NO

URAIAN KEGIATAN

PEMOHON

STAFF PENEMPATAN DAN INFORMASI PASAR  KERJA

KASI  PENEMPATAN DAN INFORMASI PASAR KERJA

KEPALA BIDANG PENEMPATAN DAN PERLUASAN KESEMPATAN KERJA

KEPALA DINAS

LAMA PROSES

KET

1

Pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala .Dinas Perindustrian dan  Tenaga Kerja  Kabupaten Klungkung

 

Flowchart: Decision: PERIKSA KELENGKAPANText Box: DAFTARRounded Rectangle: MULAI Pencari Kerja diterbitkan, pengantar kerja memanggil Pencari Kerja dan menyerahkan Kartu AK1
h.	data pencari kerja dicatatkan dalam buku pencari kerja

 

 

 

 

2

Berkas-Berkas Kelengkapan Akan Diperiksa Oleh staf  Penempatan dan Informasi pasar kerja

Flowchart: Decision: PEMERIKSAAN BERKAS

 

 

1 HARI

 

3

Pemeriksaan berkas dan Wawancara oleh Kepala Seksi Penempatan dan informasi pasar kerja

 

 

 

 

3 HARI

 

4

Berkas yang telah lengkap akan dibuatkan draf rekomendasi penerbitan passport tki yang kemudian diserahkan kepada kepala bidang untuk di cek dan di paraf

 

 

Text Box: PEMERIKSAAN DAN PARAF DRAF REKOMENDASI PASSPOR
TANDA TANGAN
T

 

1 HARI

 

5

Penerbitan passport tki yang telah dibaca dan diparaf oleh kepala bidang akan diserahkan kepada Kepala Dinas untuk di control dan di tanda tangani

 

Flowchart: Document: CATAT DAN SERAHKAN REKOMENDASI PASSPORT TKI

 

Text Box: CONTROL DAN TANDA TANGAN
TANDA TANGAN
T

 

2HARI

 

6

Rekomendasi Pasport TKI yang telah selesai akan diserahkan kepada pemohon

Flowchart: Alternate Process: SELESAI

 

 

 

5 MENIT

 

 
  • Dibaca: 104 Pengunjung